Kumpulan Resep Kue Kering Terbaru | Resep Kue Kering Enak | Aneka Resep Kue Kering Lebaran | Resep Kue Kering Lezat | Resep Kue Kering Gurih

RESEP KUE KLEPON ( MENU BUKA PUASA )

RESEP KUE KLEPON ( MENU BUKA PUASA ) | Entah dari mana asalnya muasal kue ini karena setiap daerah pasti ada nama lain dari kue ini, hal ini admin tau saat admin Aneka Resep mengunjungi sanak keluarga di Aceh, nama kue ini kalau lidah salah orang aceh menamainya boh rom-rom, yang lebih lucu lagi walaupun di aceh setiap kabupaten yang ada di aceh berbeda menyebut nama dari kue ini, tapi bukan itu yang perlu kita bahas walaupun namanya yang berlainan yang penting rasa khas dari kue ini tetap sama, tapi kalau di tempat admin tinggal kue ini ada juga yang di isi dengan gula karena memang gula merah susah sedikit dan juga mungkin lebih enak kalau di buat isinya dengan gula pasir, di setiap bulan puasa kue ini banyak kita jumpai di tempat jual takjil untuk buka puasa, dan laris pula kue ini, mungkin cocok dengan lidah orang Indonesia dengan Kue Klepon ini untuk menu buka puasa, pada era modern ini semua kue yang khas tertentu memang sudah di jual sebagai kue jajanan hari-hari gitu jadi tidak lagi merasa aneh dengan bentuk, rasa dan warna dengan kue yang di buat di hari-hari khusus, untuk melihat lebih dalam tentang resep kue ini silakan kita coba yuk dengan resep di bawah ini :
http://resepkuekering87.blogspot.com/2015/06/resep-kue-klepon-menu-buka-puasa.html

Bahan-bahan

  1. * Tepung ketan 300 gram
  2. * Air mendidih 4 sendok makan
  3. * Santan hangat 150 ml
  4. * 50 ml air daun suji
  5. * ½ sdm air kapur
  6. * Gula merah 200 gram ( sisir halus )
  7. * 1 butir kelapa agak muda, kupas, parut memanjang
  8. * Garam secukupnya

Langkah Membuatnya :

  1. Langkah pertama tepung ketan siram dengan air mendidih, aduk rata. Lalu anda tambahkan dengan air daun suji,garam, dan air kapur sambil di tuangkan dengan santan sedikit demi sedikit, lalu uleni hingga adonan dapat di bentuk.
  2. Langkah kedua Ambil adonan sebesar kelereng atau lebih besar sedikit dari kelereng, anda pipihkan lalu isi dengan gula merah yang telah disisir. Bentuk bulatan, lakukan hingga adonan semuanya habis.
  3. Langkah ketiga rebus bulatan klepon ke dalan air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  4. Campur kelapa dan sedikit garam. Kukus dengan diberi daun pandan selama 5 menit. Angkat.
    Gulingkan rebusan klepon pada kelapa parut kukus.
  5. Kue klepon pun siap untuk di sajikan kepada keluarga anda.
Selamat untuk anda yang membuat senang keluarga anda, semoga dengan hasil kreasi anda ini bisa juga untuk membangkitkan ekonomi keluarga anda kalau itu anda dari keluarga sederhana, yaitu dengan membuat sebagai kue takjil untuk buka puasa dengan menjajakannya di tempat penjualan takjil khas puasa.

RESEP KUE KLEPON ( MENU BUKA PUASA ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown